Mimpi Digigit Ular: Penjelasan Paling Lengkap Dari Berbagai Sudut Pandang

Makna Mimpi Tentang Ular

Apakah Anda bermimpi melihat ular di rumah Anda? Atau Anda mimpi digigit ular?

Binatang ular pada umumnya melambangkan ketakutan atau transformasi. Sehingga banyak yang menafsirkan memimpikan ular adalah tanda bahwa Anda takut akan sesuatu dalam kehidupan nyata Anda atau itu menjadi peringatan tentang perubahan yang akan terjadi.


Makna di balik mimpi itu sendiri sebenarnya juga tergantung pada situasi kehidupan nyata pribadi Anda. Beberapa arti umum mimpi digigit ular meliputi: ketakutan, transformasi, seks, kejahatan, atau pengetahuan. Perlu diingat juga, bahwa berbagai budaya dan agama menganggap makna simbolis yang berbeda pada ular.

Pada artikel ini, kami akan menganalisis beberapa makna umum di balik mimpi tentang ular. Setiap pemimpi mungkin akan mendapatkan arti yang berbeda-beda.

Cara Menafsirkan Mimpi Tentang Ular


Bermimpi digigit ular bisa menjadi simbol positif atau negatif. Ketika menganalisis impian Anda, pikirkan hal-hal berikut:
  •     Apa yang ular itu lakukan?
  •     Siapa yang ada dalam mimpi itu?
  •     Bagaimana perasaan dan sikap Anda selama bermimpi?

Makna Simbolik Ular
  1. Ketakutan: Anda takut akan sesuatu atau seseorang dalam kehidupan nyata Anda — mungkin Anda terlalu takut menghadapi komitmen, bos Anda, atau situasi sulit.
  2. Jika kondisinya demikian, maka memimpikan ular bisa menjadi respon alam bawah sadar Anda untuk menghadapi ketakutan tersebut.
  3. Pertumbuhan dan Pembaruan: Ular sering mewakili perubahan dalam kehidupan atau pembaruan.
  4. Jika hidup Anda menyusahkan, maka bermimpi tentang seekor ular bisa menjadi cara pikiran bawah sadar Anda membantu untuk berdamai dengan perjuangan Anda.
  5. Kecemasan Tak Sadar: Ular akan muncul dalam mimpi selama emosi Anda tidak terkendali. Mereka mewakili hal-hal yang menyebabkan stres, kesedihan, atau kemarahan.
  6. Transendensi: Seekor ular juga dapat menjadi simbol untuk Anda dapat naik ke tingkat kesadaran yang lebih tinggi.
  7. Simbol Phallic: Ular bisa menjadi simbol phallic. Apakah Anda menekan kebutuhan seksual Anda? Apakah Anda mengalami perasaan impotensi? Mimpi ular mungkin menunjuk pada defisit atau desakan seksual.
  8. Pengetahuan dan Kebijaksanaan: Dalam beberapa budaya asli Amerika atau Asia, ular mewakili kebijaksanaan. Memimpikan digigit ular bisa berarti ada pengetahuan yang Anda cari atau jawaban yang Anda coba temukan.
  9. Hasrat yang Tertekan: Seekor ular juga bisa mewakili keinginan terdalam Anda. Jika ular itu menggigit Anda dalam mimpi, itu mungkin pertanda bagi Anda untuk memenuhi keinginan itu.

Apa Arti Mimpi Digigit Ular?

Bermimpi digigit ular adalah tanda peringatan tentang orang yang dapat membahayakan Anda, atau alam bawah sadar Anda mencoba mengirimkan tanda untuk mengambil tindakan dengan sesuatu. Sesuatu itu bisa berasal dari masa lalu atau masa kini yang sebenarnya sangat mengganggu Anda, dan Anda secara sadar atau tidak sadar mengabaikannya. 

Ini juga dapat mewakili fakta bahwa Anda merasa terjebak dalam situasi Anda saat ini. Mungkin ada sesuatu yang ingin Anda lakukan, tetapi tidak dapat menemukan solusi untuk itu atau keberanian untuk melakukannya.

Baca juga: Arti Mimpi Digigit Ular (30 Tafsir Terpercaya dan Paling Jitu Dari Leluhur)

Dalam pandangan positif, gigitan ular juga bisa menjadi simbol bahwa sesuatu dalam hidup Anda akan berubah secara dramatis. Jika Anda bermimpi tentang seekor ular yang menggigit Anda di kaki, maka alam bawah sadar Anda meramalkan suatu transformasi besar. Kaki Anda mewakili keseimbangan dan digigit kaki mungkin merupakan ramalan perubahan yang akan terjadi.

Bermimpi Melihat Ular


Bermimpi tentang ular hitam berarti ada sesuatu yang gelap dan tidak menyenangkan yang mengintai dalam hidup Anda. Ini bisa menjadi tanda bahwa Anda harus berhati-hati terhadap bahaya potensial atau alam bawah sadar Anda berurusan dengan depresi atau kesedihan yang Anda alami dalam hidup Anda yang terjaga. 

Mungkin ada beberapa tekanan emosional yang masih Anda hadapi secara tidak sadar (mungkin Anda belum melupakan seorang mantan atau Anda menyimpan perasaan bersalah dan penyesalan). 

Melihat ular hitam biasanya merupakan pertanda adanya hubungan atau energi yang buruk dalam hidup Anda, tetapi itu juga bisa menjadi peringatan keuangan. Berhati-hatilah dengan keuangan Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Mimpi Melihat Ular Warna Merah

Seekor ular merah menandakan gairah yang intens, mungkin gairah seksual. Mungkin juga peringatan potensi bahaya. Jika Anda melihat ular merah, periksalah hidup Anda dan lihat apakah ada sesuatu yang bisa membuat Anda waspada.

Mimpi Melihat Ular di Rumah atau Tempat Tidur


Jika Anda bermimpi tentang ular di rumah Anda, pertama-tama Anda harus memikirkan apa yang mungkin mewakili rumah Anda. Ini bisa berarti rumah Anda, tetapi juga bisa melambangkan keluarga Anda, tanggung jawab Anda, keuangan Anda, atau bagian paling pribadi dari pikiran Anda. 

Bermimpi tentang ular di rumah Anda bisa berarti salah satu dari yang berikut:
  • Anda memiliki masalah dalam keluarga Anda. Anda mungkin bertengkar dengan salah satu anak Anda, atau Anda curiga pasangan Anda tidak setia.
  • Jika Anda tidak tinggal bersama keluarga, ular itu mungkin mewakili perasaan buruk Anda terhadap teman sekamar atau pemilik rumah.
  • Anda mengalami masalah keuangan.
  • Anda mencoba untuk pindah atau Anda tidak bahagia di rumah Anda saat ini.
Mimpi Dikejar Ular

Ketika Anda bermimpi dikejar ular, Anda mungkin merasa takut dan panik. Ini berarti ada sesuatu atau seseorang dalam kehidupan terjaga Anda yang Anda coba hindari atau hindari. Perasaan ini dapat dibawa karena:
  • Anda menghindari situasi yang tidak menyenangkan dan pikiran bawah sadar Anda mengharapkan Anda menghadapinya. Mungkin Anda menghindari tugas di tempat kerja, prosedur medis yang diperlukan, atau hal lain yang perlu dilakukan.
  • Anda ingin berbicara pikiran Anda, tetapi Anda menahan diri agar tidak menyakiti siapa pun. Misalnya, Anda bermaksud memutuskan hubungan dengan pasangan romantis Anda dan khawatir dengan reaksi mereka.
  • Anda terjebak dalam situasi dengan sangat sedikit pilihan dan memiliki pilihan sulit untuk dibuat. Dengan kata lain, Anda merasa terjebak.

Seekor ular memakan ekornya adalah simbol keabadian.
Bermimpi Tentang Ular Mati

Bermimpi melihat ular mati merupakan pertanda positif. Melihat seekor ular mati melambangkan akhir dari tipu daya, godaan, atau ketakutan. 

Ini menandakan bahwa akan ada perubahan atau awal yang baru. 

Pikirkan tentang apa yang diwakili ular itu dalam hidup Anda. Melihat seekor ular mati berarti bahwa apa pun yang ular itu wakili dalam kehidupan nyata akan berakhir. 

Jika Anda membunuh ular, maka Anda mengatasi atau mengalahkan masalah yang diwakili ular itu.
Bermimpi Membunuh Ular

Mimpi  membunuh ular adalah mimpi positif. Ini berarti Anda dapat mengatasi ketakutan Anda, mengalahkan tantangan, dan maju di jalan yang lebih mulus dan tidak menantang. 

Jika Anda merasakan kepuasan setelah membunuh ular itu, maka ada sesuatu dalam hidup Anda yang perlu Anda atasi agar merasa puas. 

Jika Anda merasa bersalah, maka mungkin ada dilema yang ingin Anda singkirkan yang tidak mudah diselesaikan. 

Membunuh seekor ular dalam mimpimu melambangkan sebuah perjuangan dalam hidup yang harus Anda hadapi.

Mimpi Melihat Ular Warna Kuning


Seekor ular kuning melambangkan cahaya batin Anda — intuisi, kebijaksanaan, dan kemampuan intelektual Anda. Memimpikan ular kuning berarti intuisi Anda sedang berusaha membimbing Anda menuju jawaban atas sesuatu. Jika ada masalah dalam hidup Anda, dengarkan isi perut Anda.

Mimpi Melihat Ular Saat Hamil


Melihat ular dalam mimpimu saat hamil adalah tanda keberuntungan. Itu berarti Anda akan memiliki kehamilan yang sehat. Warna ular juga bisa mewakili sejumlah arti berbeda:
  •     Jika Anda melihat ular hitam saat hamil, Anda memiliki bayi laki-laki.
  •     Seekor ular putih berarti Anda mengandung bayi perempuan.
  •     Ular merah berarti keberuntungan, atau seseorang yang dekat dengan Anda akan bertunangan atau menikah.
  •     Seekor ular hijau mewakili kesehatan dan kesuburan.

Bermimpi Melihat Banyak Ular

Jika Anda melihat banyak ular dalam mimpi Anda, maka itu adalah simbol kelimpahan. Di dalam diri Anda, ada sumber energi yang melimpah yang belum Anda manfaatkan. Ini mungkin energi atau kebijaksanaan seksual. 

Jika Anda merasa takut dengan ular, maka mimpi itu adalah pertanda bahwa sesuatu dalam diri Anda membangunkan kehidupan membuat Anda kewalahan.

Mimpi Melihat Ular Berbisa

Banyak penafsir mimpi percaya bahwa ular itu mewakili manusia. Melihat ular berbisa adalah tanda peringatan bahwa mungkin ada pria yang berbahaya dalam hidup Anda, atau Anda adalah pria yang berbahaya. 

Memimpikan ular berbisa adalah tanda bahwa Anda harus berhati-hati terhadap perilaku pria yang beracun atau memeriksa perilaku Anda sendiri.

Mimpi Melihat Ular Berkepala Dua

Bermimpi ular berkepala dua mewakili ketakutan dan komplikasi yang ditekan dalam kehidupan terjaga si pemimpi. Melihat ular berkepala dua berarti Anda ditarik ke dua arah yang berbeda atau bahwa tindakan Anda kontraproduktif. 

Ini adalah tanda bahwa Anda harus memeriksa kembali masalah Anda dan membuat keputusan yang lebih kuat dan lebih percaya diri untuk maju.

Mimpi Melihat Ular Sanca Piton

Melihat ular sanca jenis piton berarti Anda merasa ditekan. Anda tercekik — kemungkinan besar karena hubungan romantis atau seksual. Itu juga bisa mewakili ambisi Anda atau keinginan Anda untuk mengalahkan seseorang.

Arti Mimpi Digigit Ular dalam Islam


Dalam Islam, ular dianggap makhluk ganas dan mewakili masalah yang akan datang atau bahaya yang tidak diketahui. Jika dalam mimpi Anda dikejar oleh ular, digigit ular, atau ada ular di rumah Anda, maka sesuatu yang mengerikan dalam hidup Anda membutuhkan perhatian segera.

Di sisi lain, mimpi tentang menguasai atau memiliki ular dapat menandakan kekuatan pribadi atau kemampuan Anda untuk mengatasi situasi sulit.

Ular di Taman Eden meyakinkan Adam dan Hawa untuk makan buah dari Pohon Pengetahuan 

Peran Simbolik Ular dalam Agama Kristen dan Yahudi

Ular memiliki peran penting dalam Alkitab Ibrani, yang dimiliki oleh orang Kristen dan Yahudi. Di Taman Eden, seekor ular menipu Adam dan Hawa untuk memakan buah dari Pohon Pengetahuan, yang dapat membuat mereka abadi. 

Dalam beberapa interpretasi, ular di taman melambangkan hasrat seksual dan kejatuhan manusia dari kesucian, sementara pada yang lain, seekor ular dapat dilihat sebagai pembawa kebijaksanaan. Dalam 

Perjanjian Baru Kristen, ular terkadang mewakili Iblis.

Maka, mimpi tentang seekor ular dapat berarti banyak hal menurut tradisi Kristen dan Yahudi. Kemungkinan besar, ular itu mewakili penipuan, baik milik Anda sendiri maupun milik orang lain. 

Mimpi tentang ular juga bisa tentang hasrat seksual, terutama hasrat yang membuat Anda malu atau merasa salah.
Mimpi Digigit Ular Menurut Ajaran Tiongkok

Dalam zodiak Cina, ular dipandang cerdas tetapi misterius dan mungkin sedikit manipulatif dan licik. 

Ular tidak memiliki konotasi jahat yang sama dalam cerita rakyat Tiongkok seperti dalam Islam atau Kristen.

Dalam mimpi, seekor ular yang berubah menjadi naga adalah pertanda pertumbuhan pribadi, dan seekor ular bisa menjadi pertanda kekuatan dan kekuatan. 

Jika ular itu mencoba menyerang Anda, respons Anda menentukan makna mimpi itu dan seberapa cakap Anda dalam menghadapi tantangan.

Arti Mimpi Digigit Ular Menurut Sigmund Freud dan Carl Jung

Freud dan Jung sama-sama psikoanalis. Sementara Freud melihat mimpi sebagai ekspresi dari hasrat seksual bawah sadar pribadi, Jung memahami mimpi sebagai cara untuk memasuki alam bawah sadar kolektif berdasarkan pada arketipe bersama dan simbol budaya.

Seorang Freudian dapat melihat mimpi tentang ular dan bertanya kepada si pemimpi apa pengalaman  pribadi mereka tentang ular, khususnya selama masa kanak-kanak. 

Sebagai contoh, apakah mereka takut dengan ular saat kecil? Atau apakah mereka memiliki ular kesayangan sebagai binatang peliharaan? 

Menurut Freud, ular itu melambangkan penis. Jadi interaksi Anda dengan ular dalam mimpi Anda entah bagaimana terhubung dengan perasaan Anda tentang seks atau hubungan seksual dalam kehidupan terjaga Anda.

Seorang Jungian ingin mendiskusikan makna ular yang khas, seperti yang disebutkan di atas. Jung percaya bahwa mimpi tentang ular melambangkan aspek ancaman dari konflik antara pikiran sadar dan naluri.

Penafsiran kami tentang Ular dalam Mimpi

Dalam banyak kasus, mimpi adalah respons pikiran bawah sadar Anda terhadap peristiwa di masa lalu dan masa kini. 

Jika Anda memiliki ingatan yang mengganggu atau trauma masa kecil, mereka mungkin diwakili dalam mimpi sebagai ular. 

Cobalah untuk memproses trauma masa lalu Anda dengan menulis dalam jurnal atau berbicara dengan seorang psikolog, karena jika tidak ditangani, masalah ini akan merasuki impian Anda.
Previous Post Next Post