Makna Mengagumkan Dari Lagu Cublak-Cublak Suweng. Orang Jawa Wajib Baca!

Lagu Cublak-cublak Suweng begitu populer di kalangan orang Jawa. Namun tahukah Anda lagu Cublak-Cublak Suweng ternyata memiliki makna yang sangat mengagumkan?

Berikut inilah arti dari lagu Cublak-Cublak Suweng Ciptaan Sunan Giri!


CUBLAK-CUBLAK SUWENG

Bermakna, "menonjok-nonjok (mencari-cari) suweng", Suweng adalah anting wanita, suweng merujuk ke suwung, kekosongan mutlak sebagai hakikat Tuhan.Wanita adalah perlambang prakrti, unsur materi, cublak-cublak suweng bermakna mencari-cari suwung (Tuhan) didalam semesta materi.

SUWENGE THING GELENTER

Bermakna, "antingnya berserakan", suwung (Tuhan) berserakan dimana-mana.Dimana pun kau menghadap disitulah Tuhan berada, karna Dia adalah inti dari segala yang ada sekaligus menyelimuti segala yang ada.

MAMBU KETUNDHUNG GUDEL
Bermakna, "berbau diusir gudel", gudel adalah anak kerbau, perlambangan bocah, orang yang belum berkembang kesadarannya ketika ia mendengar (mambu) kabar bahwa suwung (Tuhan) berada dimana-mana, ia menolak mentah-mentah karna memang kesadarannya masih bocah.

PAK EMPONG LERA LERE
Bermakna, "pak ompong yang menengok kiri kanan banyak sekali orang yang sudah tua dan ompong tapi masih mencari-cari Tuhan, menengok ke kiri dan ke kanan karena kebingungan.

SOPO NGGUYU NDHELIKAKE
Bermakna, "yang tertawa yang menyembunyikan", yang telah menemukan Tuhan senantiasa tertawa bahagia, tapi tidak mau mengatakannya, karena itu hal yang rahasia. Ia pun menyembunyikan (ndhelikake) capaian spiritualnya dan hanya tersenyum belaka.

SIR SIR PONG DHELE KOPONG
Bermakna, "rahasia kosongan (didalam) kedelai kopong".Ia pun telah mencapai suwung menjadi sir (rahasia) Tuhan, Hatinya kosong dari segala keinginan, bagaikan kedelai yang kopong tanpa isi. Al-Insanu sirrun wa Ana sirruhu (insan itu rahasia ku dan aku rahasianya).
Previous Post Next Post